Sabtu, 13 Juli 2013

Aneka Kreativitas Keterampilan Anak

Aneka Kreativitas Keterampilan Anak
Assalamu alaikum para pejuang PPG (Penggerak Pembina Generus) di manapun berada. Salam Semangka (Semangat karena Alloh)!

Alhamdulillah, akhirnya tercetus ide dan jalan untuk berbagi ilmu belajar-mengajar, baik dari sisi teknik mengajar, materi bahan ajar, kreativitas bahan ajar, maupun berbagi tips dan trik dalam mengajarkan program PPG hingga ke lini terbawah. Alhamdulillahi robbil alamin, akhirnya terwujud. 

Alhamdulillahnya lagi, melalui bantuan teknologi informasi yang ada sekarang ini telah banyak membantu rekan-rekan dewan guru generus di tingkat caberawit, pra-remaja, dan remaja. berbagai kreativitas anak dapat kita aplikasikan sesuai kemampuan, usia anak, daya tangkap dan perkembangan motorik dan afeksi anak didik.
Berikut adalah berbagai ide yang dapat rekan-rekan dewan guru aplikasikan dalam materi ajar melalui BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi). Aspek BCM merupakan salah satu aspek dari sekian aspek yang harus diberikan dalam pembinaan generus di tingkat dasar, yakni caberawit (usia pra-sekolah sampai sekolah dasar).
Kreativitas yang kami tampilkan berasal dari berbagai laman/ website yang kami unduh/ download beberapa waktu yang lalu. Sayangnya, banyak alamat laman yang tidak sempat tercatat sehingga mohon maaf apabila dalam artikel ini tidak tercantum lamannya. Namun, tidak bermaksud untuk 'copas' (copy paste) begitu saja. Kami berterima kasih terhadap para kreator yang telah menciptakan aneka kreativitas yang dapat kami terapkan dalam membangun daya imaginasi dan kreativitas anak didik kami. Terima kasih untuk Anda!
Nah, para rekan dewan guru di manapun berada. Mari kita maksimalkan dengan niat positif dan semangat karena Alloh berbagai kreasi yang telah ada. Selamat berkreasi. Cah yo!

1. Kreasi 'jagung'. Bahan: kertas karton, biji jagung kering, stik es krim, gunting, lem fox, kertas origami warna hijau muda.
2. Gelang cantik dari botol aqua. Bahan: botol aqua ukuran sedang, pita berwarna, cutter, gunting, lem fox, kain flanel aneka warna dibuat pola bunga atau bunga/ bintang/ segitiga/ kotak,dll, biji-bijian untuk penghias bunga.
3. Kreasi 'tempel sedotan'. Bahan: sedotan warna-warni, kertas putih untuk alas/ latar tempelan, gunting, lem fox, biji mata, krayon/ spidol hitam untuk menggambar bentuk tempelannya. Bentuk gambar tempelan bisa sesuai keinginan anak, bisa diganti rumah, mobil, daun, bunga, dll. Tingkat kemudahan disesuaikan dengan usia dan kreativitas anak.
4. Kreasi 'kupu-kupu dari aneka biji-bijian kering'. Bahan: kertas karton untuk menempel, krayon/ spidol untuk menggabar bentuk (misal: kupu-kupu, balon, kaus kaki, dll), biji-biji kering seperti jagung, kacang hijau, beras, diwarnai hijau dan kuning.
5. Kreasi 'tempel kulit telur'. Bahan: kulit telur yang sudah bersih dan dikeringkan, pewarna untuk mewarnai kulit telur, gambar pola bentuk yang diinginkan, lem fox, kertas.
6. Kreasi 'tempel kertas'. Bahan kertas dasar dengan gambar pola sesuai keinginan, kertas warna-warni (bisa kertas origami) yang dibuat dengan pelubang kertas (dapat juga dengan diguntung secara acak) lem fox, spidol/ krayon untuk menggambar pola.
7. Kreasi 'kartu biji'. Bahan: biji-bijian kering, seperti; kacang hijau, kacang merah, (bisa juga ditambahkan dengan beras, merica, dll), lem fox, kertas karton warna, gunting, spidol/ krayon untuk menuliskan pesan. Tulisan di dalam kartu bisa berupa puisi anak soleh, puisi alam dan lingkungan, kaligrafi, atau gambar, disesuaikan dengan kreativitas yang ingin dicapai dan diwujudkan.
8. Kreasi 'pembatas Alquran' Bahan: kertas karton, gunting lem fox, pelubang kertas, pita warna pastel/ cerah, kertas kokoru (dapat dimodel sesuai imaginasi anak). Dapat juga digambar di dalamnya berupa AQ, mesjid, gambar anak berkerudung/ berkopiah, atau gambar bunga, dll.
9. Kreasi 'pigura stik'. Bahan: stik es krim, lem fox, kertas karton, gunting, cat air, stiker mini. Gambar di dalam pigura bisa juga foto anak yang bersangkutan atau kaligrafi Alloh/ Muhammad, atau gambar bunga, AQ, Mesjid, dll.
Intinya, berbagai kreasi dan kreativitas di atas dapat dipadupadankan dengan imaginasi para dewan guru caberawit dan pra-remaja. Selamat berkreasi dan tetap SEMANGKA (Semangat karena Alloh)!
Salam Surga!

0 komentar: